Welcome My Blog

Sangat senang sekali bila ada yang ikhlas melihat blog ku yang sederhana ini.

Senin, 01 Maret 2010

Siklus Biogeokimia (Kalsium)

TUGAS KIMIA LINGKUNGAN
“SIKLUS BIOGEOKIMIA”

DOSEN PEMBIMBING :
IBU NOPI STIYATI. P. S.Si, MT

Disusun oleh :

NAMA : MUHAMMAD RIZAL AZMI
NIM : H1E109001

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
FAKULTAS TEKNIK
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK LINGKUNGAN
BANJARBARU
2010

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, sebagai ungkapan rasa syukur saya kehadirat Allah SWT. Atas rahmat, taufik, dan hidayah-Nya, sehingga penulisan makalah ini dapat terselesaikan. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada dosen pengajar dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca agar menjadi makalah yang sempurna. Akhir kata, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembacanya dan mendapatkan ridha dari Allah SWT. Amin Ya robbal ’alamin.

Banjarbaru, Februari 2010

Penyusun








DAFTAR ISI

Halaman
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB 1 PENDAHULUAN 1
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 2
1.3 Tujuan 2
BAB 2 PEMBAHASAN 3
2.1 Apa itu Kalsium (Ca) ? 3
2.2 Fungsi Kalsium (Ca) 5
2.3 Makanan Yang kaya akan Kalsium(Ca) 5
2.4 Gejala yang terjadi jika kekurangan Kalsium (Ca) 5
2.5 Gejala yang terjadi jika kelebihan Kalsium (Ca) 6
2.6 Keperluan Kalsium (Ca) pada Laki-laki dan Wanita 6
2.7 Keperluan Kalsium (Ca) menurut umur ………………………… 7
2.8 Faktor yang dapat meningkatkan absorpsi Kalsium (Ca) ……….. 8
2.9 Faktor yang menghambat absorpsi Kalsium (Ca) ……………… 9
3.0 Siklus Biogeokimia dari Kalsium (Ca) …………………………… 9
BAB 3 PENUTUP 11
3.1 Kesimpulan 11
3.2 Saran 11
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………........ 12
PENDAHULUAN
BAB 1

1.1 Latar Belakang
Dalam kehidupan sehari-hari kita semua tahu bahwa di alam sekitar banyak sekali terjadi kejadian, proses, penemuan, pemanfaatan, dan segala sesuatu tentang kimia di lingkungan alam sekitar, termasuk di dalamnya kerak bumi, udara, benda-benda angkasa dan sebagainya tersusun atas unsur dan senyawanya, sesuai yang kita ketahui kurang lebih ada 106 unsur kimia yang sudah ditemukan sampai saat ini termasuk unsur kalsium, sesuai yang kita ketahui tiap-tiap unsur kimia itu termasuk kalsium memiliki nama, lambang, struktur, dan manfaat yang berbeda-beda.
Pada kesempatan ini,saya akan mengambil tema tentang Ca(Kalsium), karena kalsium itu mempunyai banyak sekali manfaat dalam kehidupan kita sehari-hari baik itu dalam proses pertumbuhan, pertahanan tubuh, dll. Dengan begitu selayaknya kita sebagai mahasiswa harus tahu mengenai hal tersebut walaupun itu sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari.

1.2 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari pembuatan makalah ini adalah:
1. Apa itu Kalsium (Ca) ?
2. Apa saja Fungsi Kalsium (Ca) ?
3. Makanan apa saja yang kaya akan Kalsium (Ca) ?
4. Gejala apa saja yang terjadi jika kekurangan Kalsium (Ca) ?
5. Gejala apa saja yang terjadi jika kelebihan Kalsium (Ca) ?
6. Bagaimana keperluan Kalsium (Ca) pada Laki-laki dan wanita ?
7. Bagaimana keperluan Kalsium (Ca) menurut umur ?
8. Faktor apa saja yang dapat meningkatkan absorpsi Kalsium (Ca) ?
9. Faktor apa saja yang menghambat absorbsi Kalsium (Ca) ?
10. Bagaimana Siklus Biogeokimia dari Kalsium (Ca) ?

1.3 Tujuan

Adapun dalam penulisan makalah ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui lebih dalam dan apa-apa yang kurang diketahui tentang siklus biogeokimia dalam kalsium (Ca) agar kedepannya tidak mengalami kekeliruan dalam pelaksanaannya.



BAB II

ISI

2.1 Apa itu Kalsium (Ca) ?
Kalsium (Latin calcis, artinya "kapur") telah diketahui sejak abad pertama ketika orang Romawi kuno menyediakan kapur dalam bentuk kalsium oksida. Namun hanya pada tahun 1808 di England , Sir Humphrey Davy telah mengasingkannya dengan mengelektrolisiskan campuran kapur dan raksa oksida. Davy pada masa itu mencoba untuk memisahkan kalsium apabila ia terdengar bahwa Berzelius dan Pontin telah menyediakan kalsium amalgam dengan mengelektrolisiskan kapur dalam raksa, lantas ia telah mencobanya sendiri. Beliau telah menggunakan elektrolisis sepanjang hayatnya dan telah menemui/mengasingkan magnesium , strontium dan barium .
Kalsium adalah unsur yang agak lembut, kelabu dan kelogamanan yang boleh disari melalui elektrolisis kalsium fluorida . Ia terbakar dengan nyalaan kuning-kemerahan dan membentuk salutan nitrida putih apabila terdedah kepada udara. Ia bertindak balas dengan air, menyesarkan hidrogen dan membentuk kalsium hidroksida .
Kalsium adalah penting untuk pengecutan otot, pengaktifan oosit, membentuk tulang dan gigi yang kuat, pembekuan darah, penghantaran impuls saraf, pengawalaturan degupan jantung, dan keseimbangan bendalir dalam sel. Di Amerika Syarikat , antara 50% ke 75% orang dewasa tidak memperoleh kalsium yang mencukupi dalam diet mereka. Orang dewasa memerlukan antara 1,000 hingga 1,300 mg kalsium dalam diet seharian mereka.
Isotop paling berlimpah, 40 Ca, mempunyai nukleus20 proton dan 20 neutron. Tatarajah elektronnya adalah: 2 elektron pada petala K (nombor kuantum utama 1), 8 pada petala L (nombor kuantum utama 2), 8 pada petala M (nombor kuantum utama 3), dan 2 pada petala N (nombor kuantum utama 4). Konfigurasi elektronnya adalah: 2 elektron di kulit K (nombor kuantum utama 1), 8 pada petala L (nombor kuantum utama 2), 8 pada kulit M (nombor kuantum utama 3 ), dan 2 pada petala N (nombor kuantum utama 4). Kulit terluar adalah kulit Valens, dengan 2 elektron pada orbital 4s tunggal, sedangkan orbital 3p kosong.
Kalsium tidak dijumpai dalam semula jadi dalam bentuk unsurnya. Kalsium tidak ditemukan di alam dalam bentuk unsurnya. Kalsium dijumpai dalam sistem tanah biasanya dalam bentuk batu kapur , gipsum dan fluorit . Stalagmit dan stalaktit mengandungi kalsium karbonat. Stalagmit dan stalaktit mengandung kalsium karbonat. Oleh sebab ia merupakan zat makro dalam diet manusia, amalan pemuliharaan tanah selalunya mengambil kira keseimbangan lestari kepekatan kalsium dalam tanah.
Kalsium merupakan juzuk penting dalam diet yang sehat. Kekurangannya boleh memberi kesan terhadap pembentukan tulang dan gigi, sementara penyimpanan berlebihan boleh mengakibatkan. Kekurangannya dapat memberi efek terhadap pembentukan tulang dan gigi, sementara penyimpanan berlebihan dapat mengakibatkan karang ginjal. Vitamin D diperlukan untuk menyerap kalsium. Rilis susu, seperti susu dan keju, adalah sumber kalsium yang diketahui ramai. Bagaimanapun juga, beberapa individu alah kepada nafsu dan lebih banyak orang, terutama keturunan bukan Eropa, adalah daya tahan tubuh (intolerans laktosa), menyebabkan mereka tidak dapat menggunakan nafsu. Bagi orang-orang ini, terdapat banyak lagi sumber kalsium yang baik. Ini termasuk: rumput laut seperti Kelp, wakame dan sebagainya; biji-bijian dan benih (misalnya badam dan wijen), kacang-kacangan, makanan laut seperti tiram dan udang halus; ikan bertulang lenbut; bayam; gandum lengkap; kai lan; okra; rutabaga; brokoli; dan keluaran yang diperkuat seperti jus jeruk dan roti. 

2.2 Fungsi Kalsium (Ca)
• Membentuk serta mempertahankan tulang dan gigi yang sehat.
• Mencegah osteoporosis.
• Membantu proses pembekuan darah dan penyembuhan luka.
• Mengirimkan signal ke dalam sel-sel saraf.
• Mengatur kontraksi otot.
• Membantu transport ion melalui membran.
• Sebagai komponen penting dalam produksi hormon dan enzim yang mengatur proses pencernaan, energi dan metabolisme lemak.
Selain dari itu, kalsium juga penting untuk fungsi-fungsi yang lain seperti :
• Fungsi saraf yang baik (rasa gelisah, rasa sesemut atau kebas).
• Fungsi otot yang baik (kekejangan) seperti merawat kekejangan waktu malam.
• Proses pembekuan darah.
• Kajian terkini mendapati kalsium membantu menghalang berlakunya tekanan darah tinggi. Penelitian terbaru mendapati kalsium membantu menghalang berlakunya tekanan darah tinggi.
2.3 Makanan yang kaya akan Kalsium (Ca)
1. Makanan daripada sumber tenusu terutama susu, keju.
2. Ikan sardin tin.
3. Makanan laut seperti tiram.
4. Sayuran seperti brokoli, kubis, tauge Sayuran seperti brokoli, kubis, tauge
5. Buah-buahan seperti oren Kekacang, Tahu.
2.4 Gejala yang terjadi jika kekurangan Kalsium (Ca)
1. Gangguan pertumbuhan.
2. Tulang kurang kuat, mudah bengkok dan rapuh.

2.5 Gejala yang terjadi jika kelebihan Kalsium (Ca)
Kelebihan kalsium tejadi apabila mengkonsumsi kalsium sebesar 2500 mg / hari. Kelebihan kalsium dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal atau gangguan ginjal, konstipasi (susah buang air besar), dan kekejangan otot.
2.6 Bagaimana keperluan Kalsium (Ca) pada Laki-laki dan wanita
Lelaki
Umur (tahun) Keperluan kalsium dalam mg
8 - 11 800
12 - 15 1200
16 - 18 1000
19 - 64 800
melebihi 64 800
Wanita
Umur (tahun) Keperluan kalsium dalam mg
8 - 11 900
12 - 15 1000
16 - 18 800
19 - 54 800
melebihi 54 1000
Mengandung 1100
Menyusu bayi 1200
Secara kasarnya, wanita memerlukan lebih kalsium berbanding lelaki. Wanita remaja memerlukan kalsium yang cukup untuk menguatkan tulang mereka di samping membantu mengawal osteoporosis semasa mereka semakin dewasa dan tua. Wanita Asia yang mempunyai struktur badan yang kecil dan ketumpatan tulang yang rendah lebih berisiko tinggi menghadapi osteoporosis.
2.7 Keperluan Kalsium (Ca) menurut umur
Carta keperluan kalsium mengikut umur:
Kanak-kanak lelaki Kanak-kanak lelaki Kalsium(mg) Kalsium (mg)
8-11 tahun 8-11 tahun 800 800
12-15 tahun 12-15 tahun 1,200 1,200
16-18 tahun 16-18 tahun 1 ,000 1, 000

Kanak-kanak Perempuan Kanak-kanak Perempuan Kalsium(mg) Kalsium (mg)
8-11 tahun 8-11 tahun 900 900
12-15 tahun 12-15 tahun 1,000 1,000
16-18 tahun 16-18 tahun 800 800

Lelaki Dewasa Lelaki Dewasa Kalsium(mg) Kalsium (mg)
19- 64 tahun 19 - 64 tahun 800 800
64 keatas 64 keatas 800 800

Wanita Dewasa Wanita Dewasa Kalsium(mg) Kalsium (mg)
19- 54 tahun 19 - 54 tahun 800 800
54 keatas 54 keatas 1000 1000
Wanita mengandung Wanita mengandung 1100 1100
Wanita menyusui anak Wanita menyusui anak 1200 1200

2.8 Faktor yang dapat meningkatkan absorpsi Kalsium (Ca)
Beberapa faktor yang dapat meningkatkan absorpsi kalsium adalah:
1. Tingkat kebutuhan tubuh terhadap kalsium
Peningkatan kebutuhan terjadi pada pertumbuhan, masa kehamilan, menyusui, defisiensi kalsium.
2. Vitamin D
Vitamin D merangsang absorpsi kalsium melalui langkah-langkah kompleks. Vitamin D meningkatkan absorpsi pada mukosa usus dengan cara merangsang produksi protein-pengikat kalsium.
3. Asam klorida
Asam klorida yang dikeluarkan oleh lambung membantu absorpsi kalsium dengan cara menurunkan pH di bagian atas usus halus.
4. Makanan yang mengandung lemak
Lemak meningkatkan waktu transit makanan melalui saluran cerna, dengan demikian memberikan waktu lebih banyak untuk absorpsi kalsium.
2.9 Faktor yang menghambat absorbsi Kalsium (Ca)
1. Kekurangan vitamin D bentuk aktif.
2. Makanan yang mengandung asam oksalat seperti bayam dan sayuran lain.
3. Makanan tinggi serat karena mempercepat waktu transit makanan di dalam saluran cerna.
3.0Siklus Biogeokimia dari Kalsium (Ca)
Partisipasi mikroorganisme dalam siklus kalsium geokimia adalah faktor yang paling penting menjaga kondisi netral di Bumi. Siklus ini memiliki pengaruh pada nasib anorganik karbon, dan, dengan demikian, pada penghapusan CO_2 dari atmosfir primitif. Sebagian besar deposit kalsium dibentuk di Prakambrium, ketika biosfer prokariotik didominasi. Setelah itu, kalsium daur ulang berdasarkan endapan biogenik oleh kerangka organisme menjadi proses utama. Antara prokariota, hanya beberapa perwakilan, misalnya cyanobacteria, memperlihatkan fungsi kalsium khusus. Siklus geokimia kalsium yang dimungkinkan oleh fitur universal bakteri yang terlibat dalam reaksi yang dimediasi biologis dan ditentukan oleh kegiatan masyarakat mikroba. Dalam sistem prokariotik, kalsium siklus dimulai dengan pencemaran batuan, terutama melalui tindakan dari komunitas organotrophic organisme. Pelepasan karbon dioksida ke udara dengan tanah aerob organotrophic mengarah pada pencucian dengan asam karbonat dan soda salinasi. Di bawah kondisi anoxic, kepentingan utama adalah produksi asam organik oleh primer anaerob (fermentasi mikroorganisme. Kalsium karbonat ini dipicu oleh Anaerob sekunder (sulfat REDUCERS) dan untuk tingkat yang lebih kecil oleh methanogens. Peran masyarakat dalam cyanobacterial karbonat endapan ini direkam oleh stromatolites, yang paling umum Prakambrium organo-sedimen struktur. Pengendapan karbonat di cyanobacterial tikar sebagai konsekuensi dari photoassimilation dari CO_2 tidak muncul untuk menjadi proses yang signifikan. Dikatakan bahwa karbonat yang diendapkan di batas antara "soda benua", yang muncul sebagai akibat dari sub-aerial pencucian dengan asam karbonat, dan laut yang mengandung Ca ^ 2 +. Ecotones disediakan seperti kondisi yang menguntungkan bagi pengembangan cyanobacterial benthic masyarakat, yang merupakan prekursor dari stromatolites.


BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari pembahasan di atas, diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
• Kalsium adalah unsur yang agak lembut, kelabu dan kelogamanan yang boleh disari melalui elektrolisis kalsium fluorida . Ia terbakar dengan nyalaan kuning-kemerahan dan membentuk salutan nitrida putih apabila terdedah kepada udara. Ia bertindak balas dengan air, menyesarkan hidrogen dan membentuk kalsium hidroksida .
• Fungsi Kalsium :
# Membentuk serta mempertahankan tulang dan gigi yang sehat.
# Mencegah osteoporosis.
# Membantu proses pembekuan darah dan penyembuhan luka.
# Mengirimkan signal ke dalam sel-sel saraf.
# Mengatur kontraksi otot.
# Membantu transport ion melalui membran.
# Sebagai komponen penting dalam produksi hormon dan enzim yang mengatur proses pencernaan, energi dan metabolisme lemak.
3.2 Saran
Pemerintah harus lebih tanggap terhadap sistem lingkungan hidup agar berkembang pada kebudayaan manusia yang pada gilirannya melahirkan pranata sosial, baik dalam pemenuhan kebutuhan bersama maupun kebutuhan dalam persaingan supaya tidak terjadi lagi musibah lingkungan yang diinginkan.

DAFTAR PUSTAKA
Sumber: Mikrobiologi, Volume 71, Nomor 1, Januari 2002, hlm. 1-17(17) 1-17 (17) http://www.ingentaconnect.com/content/maik/mici/2002/00000071/00000001/00371090 (Diakses tanggal 27 Februari 2010).

http://www.find-pdf.com http://www.indonesiapdf.com http://www.brasilpdf.com http://www.deutschlandpdf.dehttp://www.deutschlandpdf.com http://www.italiapdf.comhttp://www.espanapdf.eshttp://www.espanapdf.com http://www.turkiyepdf.comhttp://www.usapdf.ushttp://www.usapdf.com http://www.vietnampdf.comhttp://www.arabicpdf.comhttp://www.zend-framework.frhttp://www.zend-framework.fr/tutorialshttp://www.ibm-cognosplanning.comhttp://www.ibm-cognosplanning.com/tutorials http://www.ibm-cognosplanning.com/Analysthttp://www.ibm-cognosplanning.com/Contributor diagramsiklus-biogeokimia.html. (Diaksestanggal27Februari2010)

http://www.balita-anda.com/ensiklopedia-balita/224.pdf.(Diaksestanggal27 Februari2010)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar